10 Tips Ampuh Menangani Stress Sebab Banyak Pikiran

Tips Menangani Stress
Tangani Stress Segera
Piringinspirasi- Setelah kemarin kita membahas Dampak sering bertengkar dengan pasangan, kesempatan ini kita akan mengulas mengenai cara atau tips menangani stress akibat banyak fikiran.

Apa itu stress? Stress adalah suatu reaksi yang muncul akibat dari adanya tekanan, ancaman maupun perubahan diluar expektasi atau diluar dugaan.

Adapun pemicu timbulnya stress banyak sekali yang bisa kita jumpai misalnya :

1. Konflik dengan pasangan
2. Putus Cinta
3. Ekonomi keluarga
4. Bisnis bangkrut
6. Sering Emosi

Banyak orang yang tidak bisa mengontrol emosi, sehingga mereka   terjebak dengan situasi yang membuat  mereka tidak nyaman atau bisa lebih parah  lagi.

Akibatnya bisa menimbulkan dan memicu stres, maka jangan disepelekan untuk masalah stres, stres yang berkepanjangan akan memicu timbulnya depresi.

Nah jika sudah dilevel ini bisa berbahaya bagi kita sendiri dan bagi orang disekitar kita . Simak yuk! tips  berikut ini  untuk mencegah stres.

Tips Mencegah Stress

1. Bersyukur dengan apa yang kita punya.
Maksud bersyukur dengan apa yang kita punya yaitu kita tidak perlu memandang seseorang yang kehidupannya di atas kita, misalkan dari segi materi.

Karena, yang mempengaruhi bahagia atau tidaknya seseorang itu dari diri kita sendiri bukan dari tingkat ekonominya yang sudah mapan dan bagaimana kita menikmatinya.

Jadi misalkan ada orang lain bisa membeli Mobil terus kita memaksakan diri untuk memilikinya juga, itu yang akan menimbulkan perasaan gelisah.

Secara bertahap akan mengakibatkan stres, karena apa yang kita inginkan tidak dapat terealisasikan. Yuk! kita bersyukur dengan apa yang kita miliki.

2. Jangan menyesali yang sudah terjadi.
Ketika seseorang sudah menentukan pilihannya maka seseorang tersebut harus siap dengan konsekwensi yang akan didapat, misalnya ketika kita memilih pasangan hidup.

Setelah kita memilihnya kemudian lama-kelamaan sikap pasangan kita berubah dan tidak sesuai dengan yang kita harapkan sebelumnya.

Dengan keadaan tersebut kita merasa tertekan dan gelisah tak jarang akan hal ini akan memicu timbulnya stres, nah untuk masalah tersebut kita harus ingat bahwa pasangan kita adalah pilihan kita.

Jadi, bagaimanapun keadaannya kita harus bisa menerimanya, selain itu anda dapat melakukan diskusi dengan pasangan agar keadaan keluarga terus dan semakin lebih baik.

3. Memperbaiki dan menyelesaikan konflik.
Ketika kita di hadapkan pada suatu masalah atau konflik pasti rasanya sangat tidak nyaman bahkan terkadang kita merasa tertekan sehingga tak jarang yang timbul adalah stres.

Maka dari itu perlulah kita segera menyelesaikan masalah atau konflik yang membuat kita tidak nyaman, semisal konflik dengan pasangan kita.

Diskusikan apa pemicu permasalahnya, kemudian saling bertukar pikiran, mana kekurangan dan kelebihannya, tidak lain untuk memecahkan masalah tersebut.

Sehingga dengan adanya diskusi, masalah dapat dipecahkan dan konflik dengan pasangan bisa teratasi, sehingga akhirnya yang membuat kita tertekan secara bertahap akan hilang.

4. Belanja atau Shoping
Untuk para wanita biasanya berbelanja baik di pasar maupun di mall dapat mengurangi stres karena kenapa? ketika berbelanja, membeli maupun tidak.

Sesorang sudah di suguhi suasana baru yang menyenangkan, sehingga dengan melakukan aktivitas ini semngat dan keinginan akan tumbuh, perasaan strespun dapat teralihkan.

5. Piknik
Piknik juga dapat mencegah terjadinya perasaan stres pada sesorang, karena biasanya sesorang akan piknik di daerah lapang misalnya di taman.

Sehingga pandangan kita di suguhi dengan pemandangan yang asri serta udara segar yang itu bisa jadi tips untuk mencegah perasaan stres.

6. Ke Pantai
Tips yang satu ini pasti ampuh cegah stres, karena di pantai kita akan menemukan ketenangan menikmati suara deburan ombak yang seakan-akan merefresh Otak.

Cara ini boleh di lakulan apa bila keadaan memungkinkan lo ya, karena niat berlibur ke pantai untuk mencegah stres. Jadi, jangan sampai malah menambah stres.

Misalnya, perjalanan yang jauh, tidak faham rute, jalan yang extrime dan lain-lain, jangan sampai malah menambah stres, maka pastikan sebelum anda kepantai sudah mengenal rutenya.

7. Ke Pegunungan
Memang iya, pada akhirnya untuk mencegah stres kita pasti sangat membutuhkan alam karena udara yang segar dan keheningan dapat menstimulus mencegahan stres.

Semisal ke pegunungan, bukan hanya udara yang segar yang kita dapatkan tetapi ketenangan juga kita dapatkan disana, nah tidak lain untuk mendapatkan dan merasakan tersebut salah satunya di Pegunungan.

8. Bercinta
Kalau untuk tips ini khusus untuk yang sudah memiliki pasangan alias bukan jomblo iya, ternyata bercinta itu bisa mencegah  stres loh.

Ketika pasangan kita (suami) marah2 tanpa sebab sehingga membuat kita (istri) merasa tidak nyaman cobalah gunakan tips bercinta untuk mengatasinya.

Karena dengan bercinta kita seakan-akan melepaskan penat yang memenuhi pikiran kita, sekaligus dengan bercinta juga bagus untuk kesehatan.

9. Berfikir Terbuka
Berfikir terbuka yang dimaksudkan adalah, melatih tubuh, melatih fikiran untuk menerima sesuatu yang baru, menerima sesuatu yang belum pernah kita terima.

Karena dengan menurunkan ego merupakan salah satu cara ampuh mencegah stres, jadi terus berusaha dan berlatih untuk menerima hal-hal baru, baik dari hal remeh seperti.

Mendengarkan music yang belum pernah didengar, makan makanan yang belum pernah dicoba, menerima pendapat orang dengan ikhlas.

Sekalipun kita tahu apa maksud dan tujuannya, namun dengan belajar menerima akan memperkaya wawasan, kesuksesan dan mencegah stres.

10. Menggunakan Kekuatan Fikiran
Menggunakan kekuatan fikiran bukanlah mempertahankan sesuatu yang kita ingini, tetapi menggunakan kekuatan fikiran untuk merendahkan ego yang kita miliki.

Sebab dengan menggunakan kekuatan fikiran, pasti akan menemukan solusi yang dapat diambil untuk dilakukan dengan semampunya.

Maka tetaplah untuk berfikir positif menjauhi berfikir negatif, apapun yang keadaan berikan tetaplah diterima namun tetap juga berfikir ada sesuatu yang dapat diolah kembali.

Mungkin hanya itu yang dapat piringinspirasi ulas, apabila ada pertanyaan dari ulasan tips bagaimana mencegah stres, silahkan tulis di kolom komentar iya. Jangan lupa jaga mood ya supaya terhindar dari stres. Karena kesehatan mental sangatlah penting.

Previous Post Next Post