6 Manfaat Email Yang Bisa Digunakan Setiap Hari

Manfaat Email Pada Kehidupan Sehari-hari
Manfaat Email

PiringInspirasi - Setelah kemarin membahas mengenai cara membuat email, cara mengamankan akun email agar tidak mudah dicuri atau dihack, pada kesempatan ini kita akan mengulas mengenai manfaat email. disarankan dibaca semua iya, sebab ulasan berkesinambungan antara ulasan ini dengan sebelumnya, agar lebih faham mengenai seluk-beluk email, lebih khususnya email yang sering digunakan yaitu email gmail.

Admin merasa masih ada saja dan bahkan banyak yang kurang faham mengenai manfaat dari email yang mereka buat, khususnya dalam kehidupan sehari-hari, selain itu juga tidak banyak yang tau mengenai fungsinya yang dapat digunakan menjadi salah satu alat perantara untuk menunjang aktivitas digital lebih efektif.

Mungkin secara garis besar, banyak menganggap bahwa manfaat email hanyalah sebatas agar bisa mengakses google playstore atau media sosial yang lain, seperti facebook, instagram, pinterest dan media sosial yang lain yang memerlukan login email. padahal, masih banyak manfaat email yang dapat anda gunakan secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Dari perihal inilah admin tergubah untuk membuat tulisan mengenai manfaat email ini, dengan tujuan agar mereka yang belum faham mengenai manfaat email secara luas mulai besok dan seterusnya dapat memanfaatkan email dalam membantu aktivitas sehari-hari agar lebih bermanfaat, mudah dan praktis.

Bagaimana sudah penasaran? Oke langsung saja kita bahas sedikit demi sedikit dari manfaat memiliki email yang bisa digunakan setiap saat dan setiap waktu, guna, untuk membantu/menunjang aktivitas sehari-hari agar lebih praktis dan mudah dalam menjajaki dunia internet.

Sebelumnya, perlu anda tahu pembahasan ini akan lebih menjurus/fokus pada akun email gmail, sebab email gmail merupakan salah satu email yang paling banyak digunakan dan merupakan salah satu email populer dibanyak kalangan selain yahoo dan microsoft. Entah apa sebab, yang pasti inilah manfaat memiliki email.

MANFAAT EMAIL SECARA UMUM.

1. Mengirim dan Menerima Pesan
Sekalipun hari ini banyak aplikasi chatting yang lebih praktis dalam pengunaannya, namun hal tersebut masih belum bisa menggantikan email sebagai media untuk mengirim pesan dan menerima pesan.

Apa sebab? Email merupakan salah satu perantara yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan secara utuh tanpa adanya pengurangan dalam ukuran file, selain itu, dapat mengirim pesan kebeberapa tujuan dalam sekali kirim.

Tidak terbatas, dalam artian dapat dijadikan sebagai sarana komukasi ke seluruh dunia. selain itu formalitas yang dimiliki oleh email tidak bisa digantikan dengan yang lainnya. 

2. Mendaftar Dan Mengakses Media Sosial
Hampir setiap media sosial memerlukan akun email untuk mendaftar, akun email gmail merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mendaftar sekaligus mengakses media sosial, sama halnya dengan nomor telepon yang memiliki hubungan erat dengan email.

Banyak sekali media sosial yang dapat kita temukan seperti yang sudah kita singgung sebelumnya diatas, yang salah satunya memerlukan akun email untuk mendaftar dan login. Misalnya, facebook, instagram, twetter dan lain-lainnya.

Tidak hanya itu, hari ini banyak informasi maupun peluang yang dapat anda peroleh dengan memiliki email salah satu diantaranya ketika ingin mendaftar prakerja dan lain-lain yang berhubungan dengan pelayanan publik yang lain.

3. Memori Penyimpanan
Berkaitan dengan penyimpanan, email dapat menjadi pilihan dalam mengakses aplikasi penyimpanan yang dapat memudahkan anda dalam menyimpan file baik berupa video, audio, gambar maupun dokumen.

Salah satu aplikasi yang memiliki kaitan erat dengan email gmail, diantaranya ialah aplikasi google foto, dimana jika anda ingin menggunakan aplikasi satu ini untuk penyimpanan, video maupun foto, memerlukan akun email sebagai perantaranya, tentu hal ini dapat meringankan beban hp anda jika memori hp berkapasitas pas-pasan.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan email pula, banyak penyimpanan digital yang dapat digunakan secara gratis dan aman, misalnya Cloud Handphone, Google Drive, google play game, dan lain-lainnya

4. Mengembalikan File Terhapus
Dengan akun email yang terhubung dengan aplikasi penyimpanan, anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus baik disengaja atau tidak sengaja, misalnya digoogle foto maupun Cloud Handphone yang anda miliki.

Namun agar hal tersebut dapat bekerja, pastikan anda sudah mengkonfigurasi terlebih dahulu email dengan akun penyimpanan, misalnya apabila akun email terhubung dengan google foto pastikan anda sudah mengaktifkan fitur back up otomatis, yang ada di aplikasi google foto.

Dengan fitur inilah, apabila file anda yang berupa gambar video terhapus baik disengaja atau tidak, anda dapat mengembalikannnya dengan mudah cukup dengan mencari di aplikasi goole foto yang sudah terkait dengan email.

5. Menjadi Indetitas Di Dunia Digital
Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan, email pada dasarnya menjadi kartu indetitas digital, yang dapat dimanfaat diberbagai aktivitas yang terkoneksi dengan internet. Setidaknya dengan menggunakan email telah menunjukkan indetitas anda seperti, nama, alamat, kota, tanggal lahir dan lain-lain sebagai tanda bahwa anda benar-benar orang bukan robot.

6. Penunjang Bisnis
Bagi yang sudah berkecipung lama dengan email, sudah tentu email merupakan salah satu penunjang dalam kemajuan dan kelancaran bisnis, baik untuk bisnis offline maupun online. Misalnya pada saat membuat google bisnis, mengakases media sosial mengirim pemberitahuan dan lain-lain.

Sudah pasti dan jelas peran email dalam menunjang bisnis sangat besar, baik untuk bisnis online, misalnya untuk mengakses media sosial maupun mengirim pesan bagi yang berlangganan, maupun offline untuk menunjukkan alamat dan produk yang disediakan.

Nah, itulah manfaat email yang dapat anda coba apabila anda sudah memiliki email. Jika anda belum memiliki silahkan buat terlebih dahulu. Selain pembahasan diatas manfaat email sangat banyak sekali, baik untuk pribadi maupun untuk bisnis.

Mungkin sekian dulu sharing kita pada kesempatan ini, apabila ada kekurangan dalam penuangan informasi, kami berharap pembaca dapat melengkapinya melalui kolom komentar dibawah. Terimkasih

Previous Post Next Post