5 Cara Mengatasi Bau Mulut Paling Ampuh dan Mudah

Segera atasi mulut yang bau agar tidak berdampak pada sekitarnya
Segera Atasi Bau Mulut
Piringinspirasi - Salah satu yang menjadi ketidak nyamanan dalam melakukan aktivitas ialah bau mulut, sebab bau mulut merupakan hal yang paling mudah tercium baik oleh diri kita sendiri maupun orang lain.

Sehingga kita perlu untuk untuk berhati-hati ketika bertemu dengan orang lain, karena bau mulut bisa mengganggu orang disekitar kita, bahkan bisa jadi, gara-gara bau mulut yang berlebihan kita akan dijauhi oleh orang sekitar kita.

Maka dari itu kita perlu tahu diri bagaimana menjaga kebersihan saat bersama orang lain. tidak hanya saat bersama orang lain bahkan saat dirumah pun sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan.

Karena bisa saja, sebab bau mulut kemesraan dalam keluarga menjadi renggang, bahkan lebih serius lagi semua orang disekitar menjahui kita.

Baca Juga : 10 Tips Mengatasi Stres Sebab Banyak Pikiran

Adapun penyebab dari timbulnya bau mulut banyak sekali, yang paling sering menjadi penyebab timbulnya bau mulut ialah kurang rutin membersihkannya.

Penyebab Bau Mulut
Tidak hanya itu masih banyak juga yang menjadi penyebab timbulnya bau mulut, misalnya.

1. Jarang Gosok Gigi
Manusia tergolong mahluk konsumtif, dalam sehari kurang lebih makan 1- 3 kali. Jika dalam satu hari tidak gosok gigi maka bisa dipastikan sisa makanan yang terdapat di sela gigi, akan menumpuk dan membusuk.

Hal tersebut tidak hanya menjadi penyebab bau mulut, tetapi akan menjadi karang gigi sehinga lama-kelamaan Gigi akan berlubang dan pasti akan memicu bau mulut tidak sedap.

2. Gigi Palsu
Menurut kebanyakan orang, selain pemasangan yang perlu tepat dan kualitas gigi palsu juga menjadi penyebab bau mulut tidak sedap.

Sangat dianjurkan bagi anda yang ingin mengganti gigi ompong dengan gigi palsu, pastikan kualitasnya bagus. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya bau mulut akibat gigi palsu.

3. Gangguan Kesehatan
Penyebab timbulnya bau mulut yang ketiga yaitu disebabkan faktor tubuh yang kurang sehat. Contoh : seseorang yang terinfeksi panas dalam, meriang.

Biasanya orang yang sakit panas dalam bau mulut tidak sedap, hal tersebu disebabkan karena tidak mengunyah makanan sama sekali.

4. Mulut Kering
Mulut kering biasanya diakibatkan oleh produksi air liur yang kurang, sehingga akibat dari mulut kering bau mulut menjadi tidak sedap.

Sebab mulut kering atau  Xerostomia, disebabkan oleh kadar asam yang meningkat serta bakteri pada mulut yang mengalami pembusukan.

Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut
Adapun cara mengatasi bau mulut sangat banyak sekali, yang terpenting dalam mengatasi mulut berbau perlu memperhatikan hal-hal berikut diantaranya:

1. Mengkonsumsi Air Mineral
Mengkonsumsi air mineral atau air putih tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, tetapi mengkonsumsi air mineral secara rutin dapat mencegah bau mulut.

Nah, bagi anda yang merasa terganggu dengan bau mulut, pastikan untuk mengkonsumsi air mineral secara rutin dan pastikan mulut tidak kering.

2. Membersihkan Gigi Secara Teratur
Dengan membersihkan gigi secara teratur bisa dipastikan bau mulut tidak akan datang lagi, karena mulut mau biasanya diakibatkan oleh sisa-sisa makanan yang membusuk.

Pastikan saat bangun tidur dan hendak tidur membersihkan  atau gosok gigi, hal ini dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

3. Membersihkan Lidah
Lidah merupakan salah satu tempat dimana bakteri berkumpul, lakukan pembersihan setiap gosok gigi, secara perlahan  dan lembut.

Selain itu bisa menggunakan obat kumur untuk menjaga mulut tetap fress dan terhindar dari bakteri, lakukan secara berkala sesuai anjuran.

4. Membersihkan Gigi Palsu
Gigi pasangan atau gigi palsu seperti yang disinggung diatas dapat menjadi penyebab bau mulut, selain dipicu oleh kualitas gigi palsu, gigi palsu juga menjadi tempat bakteri berkumpul.

Untuk menghindari hal tersebut lakukan pembersihan secara berkala, pastikan saat pembersihan, gigi palsu dibuka dan bersihkan gigi sesering mungkin.

5. Konsultasi Ke Dokter
Selain bau mulut disebakan dari poin-poin diatas, dianjurkan untuk periksa ke dokter maksimal 1 kali dalam sebulan, hal tersebut dikhawatirkan bukan akibat dari poin-poin diatas.

Bisa saja bau mulut di akibatkan oleh gangguan kesehatan seperti, bronkitis, infeksi Sinua kronis dan lain-lain, maka sangat dianjurkan untuk periksa ke dokter.

Selain itu, pastikan setelah makan-makanan yang berbau menyengat untuk segera membersihkan mulut atau gosok gigi, sebab bisa saja bau mulut diakibatkan oleh makanan-makanan tersebut.

Selain itu hindari merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol karena rokok dapat menyebabkan mulut kering, kesehatan menurun dan salah satu penyebab bau mulut.

Mungkin itu saja, semoga ulasan diatas bermanfaat, apabila ada pertanyaan maupun tambahan silahkan tulis dikolom komentar dibawah. Terimkasih

Previous Post Next Post