9 Solusi Hidup Hemat Dan Tips Memulainya Sejak Dini

Hidup hemat perlu untuk mencapai tujuan masa depan
Belajar Hidup Hemat
PiringInspirasi - Kita sudah ketahui bersama banyak orang bilang hidup hemat itu identik dengan pelit, mau dimakan saja harus perhitungan, sehari berapa, kalau satu bulan berapa, biaya belanja yang harus dikeluarkan dalam sehari berapa dan lain-lain.

Bagi anda yang ingin memulai hidup hemat, biarkan saja jika mendengar cuitan tetangga maupun orang lain yang begitu, sebab dia akan merasakan sendiri bagaimana akibatnya jika hidupnya terlalu boros dan menganggap bahwa hasil kerja harus dinikmati dengan nyaman.

Tetapi jangan lupa, dilain sisi anda perlu membuktikan bahwa hidup hemat tidaklah seperti yang mereka cuitkan. Tetapi hidup hemat adalah langkah menuju kehidupan yang lebih baik, baik untuk diri sendiri keluarga maupun orang lain.

Apalagi bagi anda yang masih baru memulai kehidupan bersama keluarga baru, dimana memerlukan waktu panjang untuk meraih mimpi, sangat dianjurkan untuk hidup lebih hemat, karena apa yang anda impikan bisa cepat diraih hanya dengan hidup hemat.

Yuk! simak, Alasan kenapa harus hidup hemat, jangan lupa baca sampai selesai iya :
Alasan Kenapa Perlu Hidup Hemat

1. Meraih Mimpi
Hidup itu bukan hanya perkara makan, " Hidup untuk makan makan untuk hidup." Tetapi bagaimana dengan makan kita kita bisa meraih apa yang kita inginkan.

Karena, tentu anda tidak ingin selamanya hidup sendiri, atau berdua suami istri, tetapi pasti anda akan memiliki keturunan, cucu, cicit dan seterusnya.

Maka, bagaimanakah jika kehidupan anda tidak diatur mulai dari sekarang? Misalnya membangun rumah yang bagus dan besar untuk berkumpulnya anak cucu kelak.

2. Untuk Masa Depan Anak
Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja kadang sekedar cukup, apalagi jika sudah memiliki anak, bagaimana pertumbuhan anak, bagaimana pendidikan anak sampai kejenjang selanjutnya.

Ketika kita tidak punya semangat dari sekarang untuk masa depan anak bagaimana nasib anak ketika tidak bisa mencicipi bangku pendidikan, bagaimana tentang masa depan anak ketika tidak ada dorongan dari keluarga.

Jangan sampai, hanya penyesalan yang kita peroleh, tetapi bagaimana sebagai orang tua agar anak dapat tumbuh dengan baik.

3. Ketentraman Dalam Keluarga
Ketika ekonomi keluarga sudah tertata, lebih-lebih bisa memiliki tabungan, hal ini akan berdampak besar terhadap keharmonisan keluarga, keberlangsungan keluarga.

Sebab dengan memiliki tabungan, saat ada kebutuhan mendadak bisa segera teratasi tanpa harus berfikir keras gali lobang tutup lobang yang tidak pernah usai.

"Beratnya menghadapi persoalan sudah pasti, tetapi dengan hidup hemat seberat-beratnya persoalan akan lebih ringan."

Baca Juga: Tips Ampuh Menangani Stres Sebab Banyak Fikiran

4. Menghadapi Masa Tua
Memang manusia dalam anggapannya seperti akan hidup seribu tahun lagi, padahal tidak, sekitar 50-60 tahun sudah tidak produktif lagi, lantas pada masa itu apakah akan selalu membebankan orang lain?

Semoga saja tidak, dalam artian secara ekonomi, biaya kesehatan, biaya kehidupan sehari-hari, dapat diatasi sendiri. Perihal membutuhkan orang lain sudah pasti mahluk sosial membutuhkan orang lain.

Itulah alasan kenapa kita harus hidup hemat mulai sejak dini, dapat kita renungkan bersama bagaimana hidup kedepan, ketika sudah tidak bisa bekerja, apakah semua akan ditimpakan pada anak?  Atau kita kita bisa sendiri?

Untuk memulai hidup baru memang tidaklah mudah apalagi dari awal sudah biasa hidup boros misalnya. Lantas bagaimana untuk membantu anda memulai hidup hemat dan hidup baru untuk meraih kehidupan yang lebih baik? Yuk! Baca.

Tips Hidup Hemat
Mungkin istilah hemat sudah tidak asing lagi bagi kita mulai sejak anak-anak, mulai jaman SD sampai sekarang. Sering kita mendengar istilah hemat. "Rajin pangkal pandai hemat pangkal kaya." Bagaimana kita memaknai pepatah tersebut?

Untuk memulai hidup hemat pasti yang pertama kali muncul  dalam benak anda, "Jika ingin hidup hemat iya jangan boros." Hidup hemat bukan hanya begitu kawan, perlu cerdas, berfikir matang dalam untuk mengambil keputusan, contoh:

Bijak Dalam Mengambil Keputusan
• Tidak Mudah Terbawa Nafsu.
• Tidak Gegabah.
• Tidak Karena Ingin Dipuji.
• Niat Untuk Kebaikan Semata.

Ingin memulai hidup hemat? Langsung saja, simak dibawah ini:

SOLUSI HIDUP HEMAT

1. Belanja Sesuai Yang Dibutuhkan
Tidak boros ialah bukan berarti  kita tidak boleh makan dan tidak boleh membeli apapun, tidak boros ialah meminimalisir pengeluaran untuk sesuatu yang kurang bermanfaat.

Misalnya, selain belanja untuk kebutuhan sehari-hari, masih belanja ini dan itu untuk membuat ini dan itu dengan tujuan untuk mewah-mewahan.

2. Mencuci Mobil dan Motor Sendiri
Yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Pastikan untuk tidak menggunakan jasa orang lain selagi anda mampu untuk melakukannya.

Selain dapat meminimalisir pengeluaran mencuci mobil maupun motor sendiri juga dapat menyehatkan badan dan untuk hasil tergantung dari kita sendiri, jika tidak malas pasti bersih.

3. Mencegah Makan di Warung
Salah satu kebiasaan yang apabila terus dilakukan akan berdampak pada ekonomi keluarga, diantaranya makan di warung, pastikan selagi mampu dan bisa makan dirumah lebih baik dirumah.

Karena anda sudah pasti tahu dan sadar perbandingan antara memasak sendiri dengan membeli diwarung makan.

4. Mencuci Baju Sendiri
Mencuci merupakan kegiatan yang paling terasa berat untuk dilakukan sekalipun tidak hanya satu atau dua baju saja. untuk menghindari pemborosan.

Lawan rasa malas yang datang saat hendak mencuci baju, selain mencuci sendiri dapat menghemat keungan, mencuci sendiri dapat dipastikan mengenai kebersihannya.

5. Kurangi Makan Online
Salah satu yang memang sulit untuk dihindari ialah nafsu makan saat melihat makanan-makanan enak dan mewah di tayangan media sosial pastikan sebelum benar-benar tidak mampu untuk ditahan.

6. Pastikan Pendapatan Perbulan
Memastikan pendapat perbulan sangat penting, hal ini dapat bermanfaat untuk memastikan apakah pengeluaran lebih rendah dari pendapatan atau sebaliknya.

Sisihkan dari penghasilan untuk ditabung jika dimungkinkan ditabung, tips menabung yang baik ialah memastikan menggunakan charge bank yang tidak terlalu mahal.

7. Gunakan Kendaraan Ramah Lingkungan
Selain kedaraan ramah lingkungan tidak menyebabkan polusi udara, dengan menggunakan kendaraan ramah lingkungan sudah pasti dapat menghemat bahan bakar.

Yang paling penting lagi untuk kendaraan ialah mengenai kelengkapan surat menyurat, mesin tidak rewel, berkendara menggunakan helm. Hehe

8. Cari Wisata Murah dan Menyenangkan
Berlibur memang perlu, selain untuk bersenang-senang dengan keluarga juga berfungsi merefresh otak terhindar dari stres, namun untuk menjaga keseimbangan ekonomi.

Perlu penyesuaian. Maka carilah wisata atau tempat berlibur murah namun menyenangkan, jangan sampai salah pilih dan berujung ketegangan.

9. Gunakan Penginapan Murah
Saat dalam perjalanan dan sudah tidak mungkin jika dilanjutkan, mencari penginapan maupun Hotel lebih baik untuk menjaga keaman dalam perjalanan.

Memilih penginapan yang murah dengan kulitas dan falitas yang wah sangat diajurkan daripada asal masukn yang nantinya berujung kekecewaan.

Banyak lagi cara-cara lain untuk meminimalisir keungan dan menjaga pola hidup hemat, yang pasti poin-poin diatas bukan berarti tidak memperbolehkan, yang dimaksud ialah apabila ada yang lebih penting lebih baik didahulukan.

Cukup sekian dulu, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menata hidup lebih baik, lebih hemat dan ingin mencapai impian. Jika bermanfaat jangan lupa komentar iya. Terimakasih.

Previous Post Next Post