6 Tips Memasak Nasi Menggunakan Panci Kukusan

panci alternatif agar lebih cepat dalam menanak nasi
Panci Menanak dan Mengukus
PiringInspirasi - Pada tulisan ini kita membahas yang ringan-ringan atau mudah dulu aja, yang terpenting manfaatnya dapat dirasakan oleh anda yang lagi membutuhkan tips ini.

Saya menganggap masih ada dan banyak yang menanak nasi menggunakan Panci, sekalipun sekarang sudah mayoritas menggunakan rice cooker untuk menanak.

Pembaca sendiri gimana? Admin sih sering menanak nasi menggunakan panci kukusan, sebab selain cepat, mudah dan tidak mengering rasanya juga khas.

Sudah pernah mencoba memasak nasi menggunakan panci kukusan? Jika belum bisa anda coba dirumah atau dimana anda tinggal jika penasaran.

Namun memasak nasi menggunakan panci kukusan ini, harus extra hati-hati, sekalipun cepat, bagi yang belum pengalaman menanak nasi menggunakan panci satu ini bisa fatal loh.

Salah satunya mudah gosong dan tumpah atau saringan nasi miring, sehingga beras tidak lagi berada diatas tetapi tercampur dengan air ke bawah / dasar panci.

Nah, bagi anda yang penasaran yuk simak tips bagaimana menanak nasi menggunakan panci kukusan kecil agar tidak mudah gosong dan saringan lepas.

TIPS MENANAK NASI MENGGUNAKAN PANCI KECIL
Memang kelihatannya mudah dan enteng, Oke langsung saja.

1. Pastikan Air Secukupnya
Bagi anda yang ingin mencoba menanak nasi menggunakan panci kukusan ini, perlu dipastikan airnya tidak terlalu banyak, pastikan air tidak melebibi diatas batas tempat saringan.

Sebab jika air terlalu banyak, saat air mendidih saringan yang terisi beras sering lepas dan miring, maka agar beras tidak bercampur dengan air, pastikan ukurannya tidak terlalu banyak.

2. Pastikan Pemasangan Saringan Benar
Terkadang pemasangan saringan panci yang kurang rapat dapat berakibat fatal juga, salah satunya saringan lepas dan beras tumpah kebawah, seperti kejadian pertama.

Maka perlu kejelian untuk memastikan terlebih dahulu, pemasangan saringan benar-benar rapat, tidak goyang dan mudah lepas saat ditarik.

3. Pemasangan Beras Merata
Pemasangan / peletakan beras sangat dianjurkan diratakan sebelum ditutup, hal tersebut agar beban saringan panci stabil, selain itu agar saringan tidak mudal lepas dan beras masuk kedasar panci.

4. Pastikan Pengapian Di ukuran terkecil
Pada poin empat ini, sangat penting untuk diperhatikan, salah satunya mengenai pengapian agar tidak fatal. Pastikan pengapian pada kompor gas pada posisi paling kecil.

Alasannya, apabila pengapian terlalu besar, saat air mendidih bisa menyebabkan saringan lepas seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain itu nasi tidak matang dengan sempurna plus mudah gosong.

5. Penyiraman Yang Benar
Penyiraman bisa dilakukan sampai 3 kali, dalam satu kali masak, jika keadaan nasi terlalu mengering namun masih belum matang secara keseluruhan.

Pastikan penyiraman menggunakan air yang sudah mendidih, agar nasi yang diperoleh matang secara sempurna, selain itu aroma nasi dapat tercium apabila penyiraman menggunkan air mendidih.

Teknik penyiraman air bisa dilakukan 2-3 kali, tergantung dari kondisi beras apakah matang secara keseluruhan atau tidak, lakukan secara berkala sampai nasi terlihat matang.

6. Tunggu Sampai Matang
Apabila penyiraman sudah dilakukan tunggu sampai nasi mengering dan nasi benar-benar matang, jika nasi sudah tidak terlihat air sama sekali pada sela-sela nasi, matikan kompornya lalu biarkan.

Tujuannya, agar air yang ada pada nasi dapat menetes kebawah, sehingga nasi dapat matang dengan sempurna, penul dan beraroma sedap.

Mungkin itu saja tips memasak nasi menggunakan panci kukusan termudah dan cepat, bagi anda yang lagi testing-testing memasak menggunakan panci ini semoga berhasil.

Apabila menemukan cara baru dalam perihal menanak menggunakan alat ini, jangan lupa tulis dikolom komentar agar pembaca dapat terbantu. Terimakasih

Previous Post Next Post