3 Cara Mengatasi Lupa Sandi Email Gmail Paling Mudah

Lupa kata sandi akun email gmail google
Lupa Password Email Gmail

Piringinspirasi - Masih seputar email, pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai cara mengatasi atau memulihkan email yang lupa kata sandi atau password sehingga berakibat anda tidak bisa login atau masuk ke akun gmail.

Lupa kata sandi atau password memang tidak bisa dipungkiri bisa dialami oleh siapapun juga. Kita tahu sendiri bahwa manusia memang tempatnya salah dan lupa, kadang baru saja mengganti kata sandi setelah mau login kembali sudah lupa, pernah mengalami?

Terkait : Cara Membuat Email ( Gmail, Yahoo, Microsoft ) Paling Mudah

Sehingga dengan sering terjadinya masalah-masalah sepele tersebut, admin merasa perlu membuat tutorial ini untuk anda, agar mudah dalam mengatasi lupa password. Dimana banyak kejadian ada yang masih belum bisa bagaimana mengatasi persolan tersebut.

Mungkin saja, belum bisa mengatasi lupa password sebab kebingungan, sebab belum pernah sama sekali melakukan sebelumnya atau mungkin memang baru pertama kali kejadian lupa password, sebab jarangnya aktivitas  menggunakan email sebagai penunjang.

Jangan khawatir dan jangan bingung, karena masalah anda bisa teratasi dengan mudah dan tidak perlu waktu berjam-jam untuk memperbaikinya. karena memang tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kecuali, akun email dicuri orang atau nomor telepon dan akun pemulihan sudah tidak aktif.

Bagi anda yang masih sama sekali belum pernah bergelut didunia Email, khususnya email Gmail dianjurkan membaca artikel sebelumnya bagaimana agar akun email gmail tidak mudah dihack atau dicuri orang, karena email merupakan salah satu akun penting untuk dijaga. Oke langsung saja.

CARA MENGATASI LUPA SANDI EMAIL GMAIL
Sekalipun kita pernah melakukan hal serupa, yaitu mengatasi lupa kata sandi email, terkadang masih banyak saja yang lupa mengenai langkah-langkahnya.

1. Memasukkan Kata Sandi Lama
Sandi lama dapat anda gunakan sebagai salah satu alat yang pertama untuk mengatasi lupa password, dengan syarat password atau sandi tidak melebihi batas yang sudah ditentukan. Adapun caranya sangat mudah dan simpel.


  1. Masuk ke akun Google
  2. Masukkan Email Anda Lalu tekan Berikutnya.
  3. Masukkan kata Sandi sebelum sandi rubah.
  4. Anda akan diperintah untuk mengetuk tombol kirim, untuk mengirim kode verifikasi ke email pemulihan.
  5. Cek Pesan email, pada email pemulihan anda, dan Salin Kode verifikasi yang ada pada pesan.
  6. Masukkan Kode Yang sudah Disalin ke kolom. Lalu klik/Berikutnya.
  7. Buat kata sandi baru sesuai dengan yang anda harapkan, lalu konfirmasi sandi yang anda buat / tulis ulang.
  8. Selanjutnya klik Simpan Sandi, jika gagal pastikan sandi atau password yang anda buat terdiri dari huruf kapital dan angka.
  9. Selesai.

Untuk langkah selanjutnya ikuti langkah-langkah dari Google, untuk mengkonfigurasi email lebih lanjut. Jika anda lupa dengan sandi yang sebelumnya anda dapat menggunakan cara berikut ini untuk memulihkan akun email gmail yang lupa kata sandi atau password.

2. Menggunakan Email Pemulihan.
Dalam menggunakan fitur ini, sebelumnya anda harus mencantumkan email pemulihan terlebih dahulu, dan inilah fungsi dari menambah email pemulihan, yaitu dapat dengan mudah mengatasi lupa kata sandi atau password. Adapun caranya hampir sam dengan cara pertama.


  1. Masuk Ke Akun Google Bisa melalui Chrome, Mozilla maupun yang lainnya.
  2. Masukkan Email anda lalu tekan tombol berikutnya.
  3. Masukkan Kata sandi seingat anda, jika gagal pilih menu Lupa kata sandi pas sebelah kiri menu berikutnya.
  4. Tekan Kirim untuk mengirim kode verifikasi ke email pemulihan yang anda cantumkan.
  5. Cek pesan dan copy kode yang dikirim melalui email, lalu kembali kehalam pemulihan.
  6. Masukkan Kode Verfikasi dikolom yang suda tersedia, lalu tekan berikutnya.
  7. Buat kata sandi baru dan konfirmasi sandi yang anda buat. Lalu tekan selesai.
  8. Selesai.

Apabila anda tidak mencantumkan email pemulihan anda dapat menggunakan cara dibawah ini untuk memulihkan akun email yang lupa kata sandi, caranya hampir sama apabila ada perintah untuk memasukkan email pemulihan pilih cara lain.

3. Menggunakan Nomor Telepon Pemulihan
Hampir sama dengan email pemulihan, yaitu menggunakan nomor telepon pemulihan, baik nomor yang ditambah setelah email jadi ataupun nomor telepon saat mendaftar email. Adapun caranya sangat mudah silahkan simak dibawah ini.

  1. Masuk Ke Akun Email Google bisa melalui Chrome, Mozilla maupun yang lainnya.
  2. Masukkan Email anda lalu tekan tombol berikutnya.
  3. Masukkan Kata sandi seingat anda, jika gagal pilih menu Lupa kata sandi pas sebelah kiri seperti poin kedua.
  4. Klik salah satu tombol baik tombol SMS atau Telepon  jika anda melihat seperti gambar dibawah ini untuk mengirim atau memberitahu kode verifikasi ke nomor telepon anda. Pastikan nomor telepon aktif.
  5. Cek sms atau catat jika melalui telfon lalu copy kode yang sudah dikirim.
  6. Masukkan Kode Verifikasi dikolom email pemulihan, lalu tekan berikutnya.
  7. Buat kata sandi baru sesuai selera anda pastikan minimal delapan karakter lalu tekan selesai.
  8. Selesai.

Begitulah cara mengatasi lupa password atau lupa kata sandi email gmail yang bisa anda lakukan, yang terpenting perlu bersabar.

Perlu diingat juga, dalam memulihkan akun email gmail, pastikan nomor telepon maupun email pemulihan aktif dan dapat diakses agar kode verfikasi yang dikirim oleh guugle dapat dapat dilihat.

Semoga bermanfaat, jangan lupa apabila ada kejanggalan bisa, menulis pertanyaan anda dikolom komentar. Terimkasih.

Previous Post Next Post