Cara Agar Email Tidak Mudah Di Hack | Perlu Anda Ketahui

akun email gmail
Email Gmail

Piringinspirasi - Kesempatan yang bahagia masih diberi waktu bisa menulis sekelumit pengalaman mengenai, cara mengamankan akun Email agar tidak mudah di hack atau diambil alih oleh orang tidak dikenal.

Sebelum lebih jauh membahasnya pembahasan ini obejeknya adalah akun email Gmail iya, agar tidak salah faham dan sinis, jika ada ketidak sesuaian, oke langsung gas.

Artikel Terkait Pembuatan Email ....

Banyak diantara kita membuat email hanya sebatas membuat, tanpa mengkonfigurasi mengenai keamanananyaa maupun penggunaannya agar email tidak mudah di curi atau dihack, akibatnya banyak data yang diambil orang tanpa kita sadari.

Bahkan lebih parahnya, jika yang dicuri email yang digunakan untuk mengakses Mobile Banking, ngeri sekali bukan? Jadi, admin sarankan, alangkah baiknya amankan akun email anda, sebagai bentuk antisipasi terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bukankah sandinya tidak ada yang tahu? Lantas bagaimana orang lain bisa masuk? Entah bagaimana, cara mereka bisa mengambil alih, yang pasti banyak kejadian akun email diambil alih atau dicuri, baik menggunakan sandi asal-asalan, maupun teknik yang lainnya.

Khusus bagi anda yang pernah membeli akun, baik akun email yang terhubung dengan game mauoun akun email yang lainnya, sangat dianjurkan berhati-hati dan sangat dianjurkan untuk segera mensetting / mengamankan akun sedini mungkin, sebagai bentuk antisipasi.

Lantas, bagaimana cara mengamankan akun email agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan atau hacking? Sangat banyak tergantung mau dilakukan atau tidak, atau hanya pilih salah satu saja. Yuk simak langkah-langkah dibawah ini, dengan teliti dan tuntas.

CARA SETING AKUN EMAIL AGAR AMAN
Salah satu yang dapat anda lakukan agar akun email, terhindar dari pencurian atau hacking maupun tindak kriminal digital yang lain diantaranya:

1. Aktifkan Email Pemulihan
Dengan menambah email pemulihan anda dapat mengambil alih kembali jika, sewaktu-waktu ada yang terlihat mencurigakan dengan aktivitas akun email gmail anda. misalnya ada notifikasi atau pesan masuk dengan pemberitahuan ada aktivitas yang tidak wajar.

Tidak hanya dapat mengambil alih akun email kembali, dengan email pemulihan apabila anda lupa  password atau kata sandi email, anda dapat dengan mudah memulihkan akun email yang lupa kata sandi atau lupa Password dengan mudah.

2. Tambahkan No Telephone
Hampir sama dengan poin pertama "email pemulihan." nomor dapat berfungsi sebagai salah satu jalan keluar apabila akun email memberi notifikasi ada tidak wajar di akun email gmail anda. Dengan menambah nomor telepon dan memverifikasi sejak dini, bisa dipastikan akun email gmail anda aman dari hack.

Jika anda memiliki lebih dari dari satu nomor telepon aktif, anda dapat menambahkannya lagi, agar, akun email anda lebih aman, yang terpenting, pastikan nomor telepon anda tetap aktif. Jika hendak mengganti nomor telepon, maka pastikan untuk mengganti nomor yang tertaut, terlebih dahulu.

3. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah
Verifikasi dua langkah ialah langkah dimana setiap hendak masuk atau login email, perlu sandi dan kode verifikasi. Biasanya apabila ada seseorang mengakses email, anda akan memperoleh sandi dan kode yang berfungsi sebagai alat verifikasi masuk email. Jadi apabila ada orang yang mengakses akun maka bisa dipastikan gagal.

Dengan mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah, sangat dimungkinkan akun email gmail anda tidak bisa diakses oleh orang lain. Sebab akan kesulitan dalam melakukan login, karena kesulitan memperoleh sandi dan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel, maka pastikan kode tersebut aman.

Cara untuk mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah, sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Masuk ke akun email > ketuk profil > Pilih Kelola Akun Google Anda > Pilih Fitur Keamanan> pilih Verifikasi 2 Langkah > Mulai > Masukkan sandi email > Lanjutkan > Ketuk Notifikasi Ya >  Pilih cadangan / Cadangan Lain> Masukkan Kode verifikasi> Aktifkan> Selesai.

4. Gunakan aplikasi autenticator
Gunanya hampir sama namun tidak diajurkan apabila memori hp anda kecil, sebab untuk menjalankan fitur ini memerlukan aplikasi yang bernama aplikasi autenticator, dimana berfungsi agar dapat memindai barcode untuk memperoleh kode.

Tentu jika memori internal atau Ram HP anda kecil, bisa-bisa aktivitas HP anda menjadi lemot dan berat saat digunakan, sangat dianjurkan untuk memilih poin yang lainnya.

5. Gunakan Ponsel Untuk Masuk
Hampir sama dengan Verifikasi 2 langkah, bedanya, fitur ini lebih mudah dan praktis. Apabila ada aktivitas yang tidak wajar, akan secepatnya memberitahu anda jika ada aktivitas yang mencurigakan.

Dengan kata lain cara kerja fitur ini, jika ada orang yang yang ingin login atau masuk ke akun email kita atau bahkan kita sendiri, anda akan memperoleh notifikasi apakah itu anda atau bukan, jika itu adalah aktivitas anda, tinggal tekan iya, selesai.

Lakukan salah satu langkah diatas atau dilakukan semua agar terhindar dari pencurian akun email atau hal-hal yang tidak mengindahkan lainnya. Apabila ada pertanyaan mengenai pembahasan diatas silahkan tulis dikolom komentar.

Semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf, sekian dulu ulasan yang dapat admin piring inspirasi tulis untuk anda. Terimkasih


Previous Post Next Post