6 Tips Membangun Bisnis dan Ekonomi Mulai Awal Sampai Sukses

Ekonomi-Bisnis
Ekonomi dan Bisnis

Ulasan ini, piringinspirasi mau berbagi pengalaman yang menurut admin lumayan berat, sebab apa? Sebab admin perlu faham kriteria sukses terlebih dulu, cuman agar tidak terlalu pusing memikirkannya.

Admin mencoba mengartikan apa itu sukses, Versi piring inspirasi. Sukses adalah Bisa meraih apa yang dikehendaki, baik mengenai bisnis, ekonomi, kejiwaan, sosial tanpa merugikan orang lain.

Namun, untuk menyesuaikan dengan perspektif masyarakat, pembahasan ini lebih mengarah ke Bagaimana membangun ekonomi dan bisnis dari bawah sampai dapat merasakan apa yang telah dibangun.

Adapun Tips yang dapat anda coba untuk membangun Bisnis dan ekonomi mulai awal sampai sukses diantara sebagaimana berikut:

Membangun Bisnis
Dalam membangun Bisnis perlu mental yang kuat agar dapat bertahan ketika ada terpaan masalah yang menghampiri, baik masalah yang timbul dari dalam misalnya keluarga maupun dari luar misalnya persaingan dan lain-lainnya.

Maka perlu persiapan yang benar-benar kuat dalam memulai bisnis, misalnya mengenai keyakinan mengenai bisnis yang mau dijalankan. Lebih lengkapnya simak dibawah ini tips membangun Bisnis dibawah ini.

1. Restu Keluarga
Seperti yang kita singgung diatas,  terkadang terpaan masalah tidak hanya dari luar saja namun dari dalam juga bisa saja terjadi, maka sebelum melangkah lebih jauh pastikan untuk dimusyawarahkan terlebih dahulu mengenai bisnis yang akan anda jalankan.

Sebab restu dari keluarga merupakan sebuah dukungan dan tameng untuk anda dalam menjalankan bisnis, mungkin secara nalar tidak ada pengaruh apapun mengenai restu, tetapi secara psikologis anda akui atau tidak pasti akan dirasakan.

2. Menentukan Bisnis
Jangan mudah tergiur dengan hasil, sebab tidak semua bisnis yang berpenghasilan besar tidak memiliki resiko, bisa jadi resiko yang akan anda hadapi akan lebih besar daripada penghasilan anda.

Selain itu, tidak semua bisnis yang berpenghasilan besar dapat anda jalankan dengan mudah, sebab jika tidak dipikirkan secara matang banyak yang berhenti ditengah jalan akibat rasa bosan yang tidak bisa diatasi.

Maka, untuk mengantisipasi terjadi hal tersebut, alangkah baiknya untuk menentukan bisnis yang sesuai dengan karakter dan fashion anda, sebab jiwa perlu proses untuk menerima sesuatu yang tidak ia kehendaki.

3.  Planing Bisnis
Memplaning tidak hanya sekedar bagaimana agar bisnis anda bisa berdiri, namun memplaning bisnis yang anda jalankan harus tuntas, misalnya bagaimana ketika bisnis tidak berjalan? Langkah apa yang perlu anda ambil ketika bisnis berjalan? berapa penghasilan dan yang harus ditabung? Bagaimana mengenai keberlanjutan bisni?

Jadi yang dimaksud planing bukanlah sekedar bagaimana bisnis bisa berdiri tetapi planing meliputi menejemen yang harus ditata secara profesional dan dijalankan secara profesional pula, sebab banyak yang gulung tikar ditengah jalan akibat menejemen yang kurang tertata, misalnya: gaji karyawan.

4. Evaluasi Bisnis
Pasti dalam menjalankan sebuah bisnis terjadi error dalam sistem atau menejemen sistem yang sudah anda buat sebelumnya. Maka perlu adanya evaluasi mengenai dampak dan cara mengatasinya. Sehingga tidak ada komplain yang dapat berakibat fatal pada bisnis yang anda jalankan.

Selain itu, evaluasi juga dapat membantu perkembangan bisnis anda kedepan, itulah sebuah bonus dari adanya evaluasi sebab jika anda memiliki karyawan misalnya, diantara karyawan pasti pengalaman yang diperoleh tidak sama antara karyawan satu dengan yang lainnya.

5. Percobaan Sistem
Tentu dalam menjalankan bisnis, perlu adanya percobaan, entah percobaan dari kepuasaan pelanggan, maupun ketidak nyamanan pelanggan. Baru ketika sudah tidak terjadi permasalahan, bisnis yang anda bangun dapat dijalankan atau diperbaiki sesuai dengan data yang diperoleh.

Maka bisa dipastikan bisnis anda dapat berjalan dengan baik dan lancar, yang terpenting dalam menjalankan bisnis tetap sesuai dengan prosedur maupun prinsip sebelumnya yang sudah dibangun.

6. Mempertahankan
Banyak terjadi setelah bisnis berjalan, produk dimainkan dalam artian produknya dipermahal ataupun melalui kemasan yang diperkecil. Sebenarnya hal ini baik untuk dilakukan apabila memang diperkirakan untung yang didapat tidak sesuai dengan pengeluaran.

Yang pasti dalam mempertahankan sebuah bisnis perlu adanya konsistensi produk dan dan bagaimana produksi serta distribusi produk, tetap dalam jumlah yang stabil.

Membangun Ekonomi
Untuk menunjang pembangunan ekonomi perlu adanya langkah maupun tips agar cepat dalam membangunnya, salah satu diantaranya:

1. Mengusahakan hidup hemat
Jika hidup kita boros jangankan sukses untuk mencukupi kehidupan sehari-hari pasti mengalami masalah, sebab, bisa diprediksi menejemen pemasukan dan pengeluaran pasti tidak tertata.

Pola makan juga perlu dipertimbangkan baik-baik, intinya tidak berlebihan dalam berbelanja, baik belanja bahan pokok maupun belanja yang sifatnya sekunder.

2. Memulai Usaha atau Bekerja
Untuk membangun ekonomi diperlukan langkah awal untuk memulainya, langkah yang tepat untuk memulai adalah dengan usaha (Bekerja), apapun yang menghasilkan uang (Halal) jika memang tidak ada peluang untuk memilih yang lain, lebih baik dari pada menunggu yang lebih baik.

Karena pada dasarnya sama, tidak ada pekerjaan yang nyaman, bahkan pekerjaan dengan gaji milyaran saja penuh resiko dan ketidaknyamanan, jadi, untuk memulai membangun, apapun itu lebih baik dilakukan daripada tidak melakukan sama sekali atau hanya selalu berharap pekerjaan lebih baik.

Apalagi di era digital ini, peluang sangat terbuka lebar untuk diambil dan dilaksanakan, baik bagi yang ingin membangun usaha, mencari kerja, membuka relasi baru, mengembangkan usaha dan lain-lain. 

3. Menekuni Usaha / Pekerjaannya
Dalam menjalani roda kehidupan, pasti ada saja permasalahan yang wajib dihadapi, seperti yang sudah disinggung diatas tidak ada pekerjaan yang mudah, sedikit atau banyak, mudah atapun sulit akan pasti akan kita temui.

Maka dalam menjalankan usaha, perlu ketekunan, kesabaran, tidak menghindar dari masalah, karena bukan solusi. Solusi yang tepat adalah bagaimana menyelesaikannya sampai tuntas. 

4. Menabung
Berkesinambungan dengan poin pertama, selain memenejemen pengeluaran dan pemasukan, perlu juga untuk menyisihkan uang hasil kerja untuk ditabung, karena dengan manabung kita bisa meraih planing kehidupan selanjutnya, misalnya, membeli tanah, membangun rumah, mobil dan lainnya.

Atau bagi anda yang masih jomblo, single. Hasil tabungan bisa dijadikan modal nikah, keren bukan? Daripada masih bergantung kepada orang tua, saudara maupun sanak kerabat dekat anda.

5. Planing Kedepan (Keinginan Kedepan).
Berapapun gaji atau penghasilan anda, jauhi sifat sombong, karena kehidupan berputar kadang ada yang dibawah, kadang diatas. Planing hidup sangat perlu, sebagai penyemangat dalam menjalani kehidupan seterusnya. Tanpa adanya planing bisa saja hasil yang anda kumpul bertahun-tahun, habis sia-sia.

Maka planing harus dibangun mulai awal oleh siapa saja, meraih kesuksesan juga perlu ekpresi dan aktualisasi, sebagai wujud dari usaha. Untuk ketentuan dan hasil, kita sebagai manusia hanya bisa mereka-reka. Ketentuan tetap ada pada tuhan yang maha kuasa.

6. Berdo'a
Berusaha tanpa berdoa itu sombong, berdoa tanpa usaha itu bohong. Seperti disinggung diatas, dunia itu berputar begitupun dengan kehidupan kita, maka dari itu kita wajib untuk berusaha namun tidak pernah melalaikan do'a.

Baca Juga : Tips Jitu Menjadi Reseller Sukses Tanpa Modal

Manusia tidak ada yang sempurna, pasti memiliki batasan, dengan keterbatasan tersebut seorang manusia tidak akan bisa melalui sesuatu tanpa bantuan dari yang kuasa, adapun ketentuan tetap milik tuhan yang maha kuasa. Yang penting tetap berfikir positif dan optimis, karena usaha tidak akan menghianati hasil.

Mungkin sekian dulu tips dari piring inspirasi, semoga dengan membaca artikel ini ada semngat atau inspirasi yang kawan peroleh, semoga apapun itu tujuan kita selama masih dalam koridor kebaikan dikabulkan oleh tuhan yang maha esa. Amiin

Previous Post Next Post