9 Tips Sebelum Hp Dijual Penting Anda Ketahui

Gambar Sekedar Ilustrasi


Kemunculannya produk Handphone terbaru dengan spesifikasi yang kian hari kian menggelegar, tidak jarang membuat kita rela ganti hp kesayangan dengan kekasih baru, yang mulus dan gres.

Alhasil, HP yang merupakan kekasih pertama harus rela untuk dipindah tangan (Dijual) demi mendapat kekasih baru yang lebih mulus, gres dan josgandos dengan spesifikasi yang tidak tanggung-tanggung.

Baca Juga: Jurus Ampuh Menghasilkan Uang Dari HP

Ironisnya, ternyata banyak yang menyepelekan Data baik Gambar, Video dan lain-lain yang ada di HP lama saat mau dijual, yaitu Data tidak dipindah ataupun dihapus secara tuntas dan tidak tersisa.

Lantas bagaimana jika ada Data pribadi yang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk hal yang tidak diinginkan? Mau menyalahkan siapa? Bisa jadi tidak hanya Data tetapi pembajakan akun.

Maka, alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati dan waspada saat mau menjual Handphone, sebagai bentuk antisipasi terhindar dari penyalah gunaan data maupun pembajakan akun yang berada di HP.

Yuk! Baca Tips Sebelum Menjual Hp agar aman dan terhindar dari penyalah gunaan Data jika lupa di hapus saat mau menjualnya:

TIPS PENTING SEBELUM MENJUAL HP 
Pada ulasan ini poin-poin lebih cenderung pada kehati-hatian dalam menyalin dan meriview data dalam handphone yang hendak dijual.

1. Memindahkan Data
Sebelum hp anda dijual pastikan data dipindah pada flasdisk, memori maupun penyimpanan yang lain, hal ini dikhawatirkan dikemudian hari ada file yang sangat dibutuhkan.

Misalnya: Gambar, Video, Foto, File Pdf, Word, dan lain-lain. Pastikan semua benar-benar sudah disalin, selain dikhawatirkan dibutuhkan kembali juga sebagai antisipasi penggunaan oleh orang lain.

2. Cek Folder
Usahakan setiap folder di cek khususnya folder dari aplikasi chatting maupun dari folder media sosial yang lain. Hal ini untuk memastikan ulang apakah masih ada file tersisa atau tidak.

Selain itu pastikan sudah dicek baik penyimpanan internal maupun penyimpanan external sebab terkadang berada di memori internal seolah ada di exter akibat kesamaan warna folder dan nama-nama folder.

3. Pastikan Cache Dihapus
Penghapusan cache tidak hanya berlaku dipenelusuran browser maupun chorm aplikasi pencarian, tetapi dalam folder-folder aplikasi juga ada cache.

Sebab, cache tersebut dapat didaur ulang kembali sekalipun sudah berbentuk code, maka pastikan selain memindah file juga perlu dihapus.

Adapun cache paling banyak biasanya berada dimemori internal pada folder android jika menggunakan android, pastikan untuk dicek semua.

4. Copot Kartu Maupun Memori Card
Mencopot kartu dan alat external lainnya, merupakan salah satu yang sering lupa diambil saat hp hendak dijual, sebab tak jarang hal ini terjadi.

Maka pastikan untuk mengelurkan kartu maupun, kartu SD hal ini sebagai bentuk antisipasi dikhawatirkan penyalah gunaan data.

5. Log Out Akun Media Sosial
Pastikan sebelum HP dijual semua akun media sosial dikeluarkan atau di log out, pastikan semua aplikasi yang membutuhkan log in membutuhkan akun masuk di log out.

Sebab apa jadinya jika isi media sosial anda diketahui oleh orang lain, misalnya: Chatingan, Gambar dan lain-lain. Khususnya yang sering lupa dan sangat penting di log out adalah Mesengger.

Chating atau Pesan, pada aplikasi mesengger seperti gambar dan video sekalipun pada memori sudah terhapus dalam Mesengger masih bisa dilihat dan di unduh kembali.

6. Log Out Akun Email dan Cloud
Sekalipun memang perlu memasukkan pasword untuk mengakses email maupun Cloud demi menjaga data terhindar dari tindak kejahatan maka pastikan akun email dan cloud di log out.

Baca Juga: Tips Membeli HP Bekas Dan Cara Cek Kenormalannya.

Sebab sekalipun file anda di hapus sebersih mungkin hanya menggunakan email dan cloud ini file terhapus bisa kembali, seperti masih ada pada google foto, karena fitur back up, hidup.

Akun cloud juga demikian dapat mengembalikan File terhapus, maka pastikan kedua akun ini benar-benar log out dari handphone yang hendak dijual.

7.  Hapus Data Aplikasi
Hapus data dapat mempermudah log out akun media sosial secara otomatis. Selain itu, pastikan aplikasi yang menggunakan akses login dengan akun, khususnya akun email untuk menggunakan fitur Hapus Data agar email maupun data yang lain benar-benar terhapus.

jika perlu Unistall aplikasi yang menggunakan akses email demi keamanan data agar terhindar dari penyalah gunaan.

8. Kembali Ke setelan Pabrik
Admin tidak merekomendasikan namun anda dapat menggunakan fitur ini untuk menghapus total semua isi Hanphone, sehingga kembali seperti awal membeli.

Sekedar memberi tahu sebelum menggunakan Fitur Kembali ke Setelan Pabrik, silahkan baca dampak Factory reset atau kembali kesetelan pabrik.

9. Bersihkan
Setelah semua poin-poin diatas selesai, pastikan handphone dibersihkan entah menggunakan menggunakan tisu maupun kain agar handphone tampak bersih dan terawat.

Ini untuk menunjang kepercayaan pembeli agar lebih yakin dalam menentukan pilihan HP-nya, selain itu penampakan hp juga berpengaruh terhadap harga sekalipun tidak seberapa.

Sekian dulu dari saya apabila ada pertanyaan mengenai ulasan diatas silahkan tulis komentar anda dikolom yang sudah tersedia. Terimkasih

Previous Post Next Post