6 Ide Menu Makan Siang Sederhana Ala Pedesaan

menu makanan pedesaan saat makan siang
Menu Makan Siang

PiringInspirasi - Halo,,selamat pagi. Lagi mencari ide menu makan siang sederhana ala pedesaan tetapi enak? Tidak salah lagi kali ini admin piringinspirasi akan berbagi mengenai hal tersebut untuk anda.

Bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah  didapat dan murah meriah lo, cocok bagi anda yang ingin hidup hemat, dan merasakan makan-makanan ala pedesaan. tetapi, tetap harus makanan sehat dan kuat loh iya.

Sebagai seorang istri terkadang serba salah dimata suami, apalagi mengenai menu makan, jika suami kita cemberut sebab menu masakan yang kita buat, sudah tentu rasanya sakit banget.

Nah, agar tidak terjadi hal tersebut, menurut admin, anda perlu memahami karakter dan suasana dalam menentukan menu masakan. Misalnya, musim hujan, sarapan yang cocok ialah Telor Dadar dan kuah santan.

Sama halnya seperti ide menu makanan yang akan piringinspirasi berikan pada anda, dijamin cocok dan pasti suami kita nambah terus. Mungkin loh iya, sebab tidak semua pernah makan masakan dibawah ini.

IDE MENU MAKAN SIANG ALA PEDESAAN
Terkadang bagi sebagian orang sarapannya harus nasi, sebab kalau hanya sekedar sarapan roti dan makanan ringan yang lain menurutnya kurang gimana gitu. Yuk coba membuat menu makanan dibawah ini.

1. Nasi Jagung Vs Sayur Kuah Bening
Khem. Pasti sudah tidak asing dengan menu satu ini, memang sih tidak semua suka dengan menu masakan ini, tetapi bagi yang pernah hidup di desa pasti sudah pernah mencicipi bagaimana nikmatnya menu masakan satu ini.

Apalagi jika ditambah dengan sambal terasi plus ikan asin, kalau di jawa dikenal dengan Iwak Klotok pastinya tambah gimana gitu, pernah mencoba menu satu ini? Sekalipun tidak pernah setidaknya tau iya.

2. Nasi Empok VS Sayur Kuah Bening
Cara penyajiannya tidak jauh berbeda dengan yang pertama yaitu sambel terasi bisa juga sambel bawang agar lebih menggoda, plus kuah bening. Yang berbeda dengan menu pertama ialah nasinya.

Nasinya yaitu nasi Empok, nasi empok terbuat dari biji jagung yang dihaluskan, jika  agak kasar biasanya disebut nasi jagung, jikakalau jagungnya halus disebut dengan Nasi Empok.

Mungkin sekarang kita masih sering menemui orang jualan dengan menu ini, sebab selain enaknya pakai bingit juga mengingatkan pada masalalu.

3. Nasi Pecel Vs Tempe Goreng
Sebelum datangnya ayam geprek nasi pecel merupakan menu idola di setiap warung makan, baik di warung makan bedak (Bangunan) maupun di pinggir-pinggir jalan.

Hari ini sangat sedikit sekali yang menyediakan menu satu ini, entah apa sebabnya, yang pasti sejak munculnya ayam geprek, menu nasi pecel di warung-warung kecil maupun pinggir jalan mulai berkurang dan menghilang.

Bagi anda yang lagi mencari menu masakan ala pedesaan, menu nasi pecel vs tempe goreng, sangat cocok untuk anda jadikan menu makan siang, apalagi ditambah dengan Peyek / Rempeyek udang dan Krupuk jadi lebih greget gima gitu.

4. Nasi Jangan Lodeh Vs Tongkol Pedas.
Nah, bagi anda yang pernah hidup di pedesaan menu ini merupakan menu yang biasa disajikan saat ada orang bekerja di sawah maupun perkebunan, pernah ingat? Menu satu ini memang menu paling wah dijaman itu.

Tidak menutup kemungkinan bagi anda yang hari ini lagi kangen masakan Emak menu satu ini dapat anda realisasikan dengan mudah loh, selain itu sangat cocok dijadikan menu makan siang tuh.

Satu lagi, sangat cocok apabila menu satu ini, ditambah dengan sambal bawang, tetapi apabila ikan tongkolnya tidak dimasak pedas, kalau sudah ada yang pedas maka tidak dianjurkan.

Jangan lupa yang kangen pedesaan komentarnya iya. Hehehe

5. Nasi Singkong Vs Kikil Sapi
Bagaimanapun juga yang kangen dengan menu ini tidak hanya anda loh, tetapi yang nulis tulisan ini juga ngiler dan kangen pakai banget, ingin kumpul-kumpul seperti dulu bersama keluarga.

Menu masakan satu ini biasanya dibuat ketika ada momen-momen tertentu, yang paling sering pada bulan-bulan yang mengandung keutamaan seperti bulan Maulud dan PHBI yang lain.

Adapun proses membuat nasi singkong, sangat lumayan rumit sekali, yang pasti dan biasa, singkong di cacah menggunakan pisau sampai kecil-kecil, ada juga yang menggunakan parut kalau hari ini mirip dengan parut keju.

Kemudian singkong yang sudah di cacah maupun di parut, dibersihkan lagi lalu di peras dan ditiriskan, setelah itu baru dimasukkan kedalam penanak nasi.

6. Nasi VS Tongkol Parut Kelapa
Mungkin menu ini hampir mirip dengan Pepes, tetapi bedanya, pada jaman dulu ikan tongkol maupun ikan laut yang lainnya, ditumis bersamaan dengan parutan kelapa.

Nah biasanya, setelah diberi bumbu, masih ditambah campuran lagi dengan irisan cabe besar, dan sayuran-sayuran yang lain, seperti daun talas, maupun sayuran yang lain. Setelah hampir matang dan air pada tumisan mulai mengering dikasih minyak goreng.

Hem,, mantap sekali bukan? Ingin mencoba? Jika anda ingin mencoba membuat menu makan siang ala pedesaan seperti ini mungkin mengenai bumbunya tidak jauh berbeda dengan sekarang.

Untuk lebih detailnya, bumbu-bumbu masakan ala pedesaan diatas dapat anda searching di mbah guugle. Jangan lupa sebelum makan berdoa dulu iya. Dan jangan lupa, bagi anda yang pernah makan seperti diatas komentar. Hehe

Mungkin sekian dulu dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk anda yang lagi mencari menu masakan ala pedesaan untuk makan siang. Terimakasih.

Previous Post Next Post