5 Tips Terhindar Dari Pishing Wajib Anda Ketahui

Penipuan dari pesan instan berupa link
Contoh Pesan Penipuan 

Setelah kemarin mengupas sekelumit mengenai cara mendapat penghasilan cukup modal HP, pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai tips agar terhindar dari pishing.

Apa itu Phising? Adalah Bentuk pengelabuhan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi, dalam bentuk komunikasi elektronik. seperti pesan instan dan lain-lain.

Mungkin karena seringnya pelaku melakukannya, banyak masyarakat yang sudah faham, kalau ada telfon masuk nomor tidak dikenal mengatasnamakan ini dan itu, kemudian meminta transfer uang, sudah pasti itu penipuan.

Kesempatan ini bukan itu, admin membahasa lebih kepada beralihnya tindak penipuan dari via telephone ke media-media sosial yang bisa merugikan masyarakat apabila tidak mengenal ciri-cirinya.

Yuk! simak tips agar terhindar dari penipuan yang semacam ini, sebab apabila kita melakukannya, tanpa anda sadari tidak hanya uang loh, tetapi bisa-bisa akun media sosial kita juga terdampak, salah satunya pembobolan akun.

Bahkan lebih parahnya lagi jika yang dibobol adalah akun email, yang merupakan salah satu akun yang sering digunakan untuk segala hal, misalnya verifikasi Mobile Banking dan lain-lain, bahaya sekali bukan? Oke langsung saja simak tips dibawah ini.

TIPS TERHINDAR DARI PISHING
Kita sudah membaca sekelumit pengantar diatas bahwa inti dari phising, sangat berbahaya dan  merugikan masyarakat, maka perlu pengetahuan sedikit banyak tentang phising.

1. Tidak Menuruti Yang Diperintah.
Yang dimaksud ialah apabila anda mendapat telepon lalu penelpon mengatasnamakan keluarga atau orang dekat anda, kemudian akhirnya meminta tebusan uang dan lain-lain.

Lebih baik pastikan terlebih dulu bahwa yang menelepon anda adalah orang yang anda kenal, atau dengan memastikan terlebih dahulu dengan menelepon orang yang bersangkutan.

Intinya jangan sampai terburu-buru percaya, jika ada yang menelepon anda dengan mengatasnamakan ini dan itu. Adapun ciri-ciri dari penipuan yang seperti ini biasanya menggiring anda untuk menyampaikan sesuatu terlebih dahulu.

2. Pesan Instan
Jangan percaya dengan segala bentuk pesan yang mengatasnakan instansi ataupun perusahaan besar yang biasa banyak orang gunakan.

Misalnya: Mengaku PT-Shopee, Lazada dan lain-lain dengan pemberitahuan bahwa anda pemenang undian Cek sekian ratus juta sekian, mobil Avanza sekian dan sekian.

Tidak hanya itu, ada beberapa kasus phising tidak hanya melalui pesan biasa saja, tetapi juga dikirim melalui pesan Email. Jadi sangat dianjurkan ketika ada email dari orang tidak dikenal untuk berhati-hati.

Pastikan dan teliti terlebih dahulu apakah pesan email mencurigakan atau tidak jika mencurigakan jangan kasih ampun, langsung laporkan spam.

Adapun ciri-ciri penipuan yang semacam ini biasanya melalui telepon, pesan instan melalui sms, jika memang anda penasaran dengan pesan tanyakan atau konsultasikan pada orang terdekat anda.

3. Jangan Membuka Link
Jika pesan anda berisi link aktif, pastikan jangan dibuka sebab link tersebut akan mengarahkan anda kehalaman yang berisi konten doktrin agar anda percaya dan yakin bahwa itu dari perusahaan asli.

Ada juga yang mengarahkan anda kepada halaman login, dimana anda diminta mengisi atau mendaftar terlebih dahulu, yang ujung-ujungnya data yang anda masukkan akan digunakan oleh mereka.

Adapun ciri-ciri dari link yang dapat membawa anda kehalaman website phising diantaranya, berakhiran : .ga, .tk, .ml, .gq, .cf adapun contoh pesan dan link lihat digambar.

#Perlu Digaris Bawahi
Kami tidak berniat untuk menjatuhkan perusahaan domain tersebut niat kami hanya ingin memberi wawasan kepada masyarakat bahwa banyak penyalah gunaan domain gratis.

4. Terlanjur Membuka Link
Apabila anda terlanjur membuka link, pastikan anda tidak mengklik gambar yang seolah mengarahkan anda kehadiah yang menjadi iming-iming.

Apabila anda membuka link, anda akan diminta untuk mengisi data atau disuguhi form, mengisi email dan sandi untuk login, lebih baik jangan diisi sebab bisa-bisa data anda akan dijadikan sebagai alat mereka.

Adapun ciri-ciri tampilan website phising diantaranya, tampilan acak-acakan, satu halaman alias tidak memiliki konten banyak, terdapat gambar-gambar orang yang seolah menjadi penanggung jawab. Seperti: Gambar Polisi, Gambar Pemilik perusahaan dan lain-lain.

5. Tidak Mencantumkan No Telephon maupun email Di Media Sosial.
Tidak dapat dipungkiri, kita sering bahkan sudah biasa mencantumkan nomor telepon maupun email di media sosial yang kita miliki. Lebih baik jika anda tidak memiliki bisnis penting yang memerlukan email maupun nomor telepon, hapus saja.

Karena, nomor telepon maupun email sangat rentan dijadikan bahan untuk melakukan peretasan atu pembobolan akun. Maka sangat dianjurkan untuk tidak mencantumkan nomor telepon di media sosial.

Intinya tetap berhati-hati dan waspada sebab sangat sulit sekali untuk membedakan, karena memang trik dan tujuannya tidak lain untuk mengelabuhi kita semua.

Mungkin hanya itu untuk santapan hari ini semoga bermanfaat, apabila ada pertanyaan maupun ingin memeperlengkap tips diatas silahkan tulis dikolom komentat dibawah iya. Terimakasih

Previous Post Next Post